Review: Logitech K380

Sekitar awal bulan Juli 2016, saya tertarik untuk mencari keyboard bluetooth untuk menemani gadget saya untuk mobile. Berhubung agak sulit untuk mengetik text yang panjang dengan menggunakan virtual keyboard, jadi saya mulai googling beberapa keyboard bluetooth.

Pilihannya adalah Logitech K380 atau K480. Prinsipnya sama saja dapat pairing 3 gadget sekaligus berbasis Android, Windows, iOS atau OSX secara bergantian (ada 3 buah tombol untuk mengakomodir). Perbedaannya adalah dari sisi ukuran dan harga tentunya.. 😛


K380 lebih kecil mirip dengan ukuran keyboard wireless iMac atau Logitech K240 untuk PC namun lebih tipis dan bentuk tuts nya lingkaran.

Sedangkan K480 ukurannya lebih besar karena ada slot stand untuk menempatkan gadget kita sehingga dapat mengetik dengan mudah. Selain itu perbedaannya ada pada tombol pengalihan untuk ketiga gadget yang sudah dipairing. K480 menggunakan tombol putar sedangkan K380 menggunakan tombol biasa yang letaknya ada di sebelah tombol ESC.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli Logitech K380 dengan pertimbangan ukuran yang lebih kecil (kompak) sehingga bisa dimasukkan ke tas dan tidak berat. 

Setelah mencoba menggunakan di 2 perangkat iOS dan Android, pairing sangat mudah sekali dan cepat. Begitupun saat peralihan dari perangkat satu ke perangkat lain, tinggal menekan tombol pindah langsung kita dapat mengetik di gadget yang dipilih. Tombolnya juga cukup empuk namun biasa ada bunyi kecil pada tolmbol saat kita mengetik namun ya ini bukan satu hal yang aneh atau menggangu.

Logitech ini menggunakan 2 buah baterai AAA yang sudah termasuk dalam paket pembeliannya. Lumayan dan Logitech mengklaim umur baterainya bisa dipakai hingga 2 tahun. Kita lihat saja ya, saya terus terang agak sangsi hahahaha.. Mengingat Logitech K240 saya tahan 3-4 bulan saja, tapi ya mudah2an kali ini benar minimal umurnya 1 tahun buat saya sudah sangat memuaskanlah..

Overall saya cukup puas menggunakannya, termasuk saat menulis review ini saya menggunakan Logitech K380 dan menyenangkan terutama pada saat kita mobile dan perlu banget untuk ngetik yang cukup panjang. Dan berharap bisa nambah value dalam pekerjaan saya. 

 

Leave a Reply

