#SaberPungliEffect

Bulan ini kebetulan saya¬†harus membayar pajak kendaraan 5 tahunan, artinya plat nomer kudu diganti ama yang baru. Nah biasanya khusus 5 tahunan ini, saya minta bantuan ke salah satu teman yang biasa ngurusin pajak kendaraan. Kenapa gitu? Karena dalam pikiran saya perpanjangan 5 tahunan yang berurusan dengan samsat pasti ribet, susah dan pasti duit tetap mengalir…

Sejak pertengahan Oktober, saya sudah rencana mengurusnya lebih awal. Tadinya saya meminta bantuan sebuah dealer yang pernah bantu saya untuk mutasi, namun alangkah kagetnya ybs memberitahukan bahwa ada kemungkinan dapat nopol yang berbeda. Sungguh menyebalkan, artinya saya harus mengeluarkan fulus lagi untuk mendapatkan nopol yang sama. Beuh..

Akhirnya saya menghubungi teman yang biasa membantu pengurusan stnk 5 tahunan dan jederrr kagetnya ybs memberitahukan bahwa saat ini benar-benar tidak bisa karena para oknum takut tertangkap tangan. Bahkan 20ribu aja bisa kena. WoW.. Saya jadi inget #SaberPungli yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi ternyata ciyus banget sampe urusan begini aja berdampak.

Dan saya dengan terpaksa mengurus sendiri perpanjangannya di Samsat Pajajaran Bandung. Pagi-pagi jam 7.00 saya udah cabut dari rumah dan sampai di Samsat sekitar jam 7.30 langsung diinfo oleh petugas parkir, “Cek fisik pak? Langsung ke basement aja.” Setelah memarkirkan kendaraan, saya mencoba nanya-nanya ama yang ngantri juga, beliau berkata, “Pak, cek fisik juga? Untung hari ini belum panjang, saya ngurus dari kemarin. Penuh banget sampe parkir di luar.” Langsung saya mikir, “What???? Wah asem nih, tapi udahlah jalanin aja.”

Antri ambil formulir perpanjangan stnk 5 tahunan

Nah untuk perpanjangan STNK 5 tahunan, kita harus mengambil formulir di Lantai 2 tanpa mengambil nomer antrian dan antriannya bowww udah panjang walaupun gak sepanjang yang ngurus BBN Balik Nama – karena sedang gretong sampe Desember 2016. Jam 8 kurang 5 menit, para petugas udah standby di loket. Mengantri dan langsung diinfokan aturannya. Well cukup jelas dan membantu.

dsc_0032

Pengecekan Fisik

Setelah itu, saya langsung kembali ke basement untuk melakukan cek fisik kendaraan. Disini lagi-lagi tanpa nomer antrian, jadi langsung cari petugas berbaju orange untuk meminta cek fisik (gesek no mesin dan rangka). Langsung nodong aja, hahahaha.. langsung dikerjain ama petugasnya dengan sedikit judeng (gak tau apa karena apa ya.. #mikirsendiriajah). dsc_0034 Setelah itu langsung isi lengkap formulirnya dan diserahkan ke petugas loket pengesahan yang leatknya sama di basement (ujunggggg) untuk di validasi.

 

dsc_0035Beres validasi langsung menuju ke lantai 2, ke loket pengesahan STNK 5 tahunan. Selanjutnya nunggu dipanggil, pengecekan progresif dan nunggu dipanggil buat bayar. Setelah bayar, langsung menuju ke basement untuk mengambil plat nomer yang baru. Dah gitu balik lah ngapain nunggu di Samsat.. Hahahahahaha..

Dari kejadian ini, saya mengapresiasi petugas Samsat yang menurut saya sudah cukup profesional dalam melakukan pelayanan publik TANPA MEMPERSULIT, TANPA PUNGLI, TANPA NODONG DUIT ROKOK!!! SEMUA GRETONG!

Satu hal lagi yang bikin saya seneng, bisa bayar DEBIT dong… Kecuali ATM BCA gak bisa. Asik pisan ini yang saya tunggu-tunggu. Karena buat saya bawa duit tunai banyak2 gak efektif banget. Kalo bisa cashless akan lebih efisien dari sisi keamanan dan waktu.

Nah buat yang mau perpanjang STNK 5 tahunan, jangan ragu buat urus sendiri ke kantor Samsat ya.. Jangan lupa bawa dokumen yang diperlukan:

  • BPKB Asli + Copy 2 buah
  • KTP Asli + Copy 2 buah
  • STNK Asli + Copy 2 buah
  • Map
  • Kalau ada blokir kendaraan (progresif) bawa 1 buah materai, 1 fotocpy ktp. Dan surat kuasa kalo nama berbeda.

Puas dengan kinerja petugas, saya kasih 8 jempol deh.. 2 jempol lagi saya simpen karena ada beberapa yang harusnya bisa lebih baik seperti no antrian pengambilan formulir dan untuk cek fisik agar lebih tertib. Salut pak!! Kalo gini, saya rasa masyarakat kita belajar untuk repot sedikit dalam mengurus dokumentasi, belajar untuk mengantri dan belajar untuk BERSIH NO PUNGLI. Saya yakin kalo budaya ini terus dilakukan, Indonesia akan jadi lebih baik!

AYO INDONESIA BISA! INDONESIA MAJU!

Advertisements